Pendampingan Belajar Pengenalan Bangun Datar melalui Gim Edukasi di SDN Binor

Learning Assistance for Introducing Shapes by Using Educational Game in Binor Elementary School

Authors

  • Olief Ilmandira Ratu Farisi Universitas Nurul Jadid Author
  • Melisa Widya Husein Universitas Nurul Jadid Author
  • Ayu Riyadul Fitri Author
  • Astutik Author
  • Erma Yulianti Author

DOI:

https://doi.org/10.36564/njcee.v1i2.14

Keywords:

Pendampingan belajar, Pengenalan Bilangan, Gim Edukasi, Sekolah Dasar

Abstract

SDN Binor merupakan salah satu sekolah di Kecamatan Paiton. Pada sekolah tersebut, setiap kelas diajar oleh seorang guru untuk semua mata pelajaran. Sehingga, guru dituntut untuk menguasai semua mata pelajaran pada tingkat SD. Salah satu materi yang dipelajari pada mata pelajaran matematika tingkat SD/ MI ialah pengenalan bangun datar. Siswa kelas 1 SDN Binor masih merasa kesulitan dalam mengelompokkan barang-barang sesuai dengan bentuknya, terutama yang melibatkan persegi, persegi panjang, jajar genjang, dan belah ketupat. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan adanya pendampingan belajar dengan memanfaatkan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah gim (game) edukasi. Dengan gim edukasi, siswa dapat bermain sambil belajar secara mandiri mengenai suatu materi tertentu dan menciptakan suasana belajar baru.

Downloads

Published

2024-03-10

How to Cite

Farisi, O. I. R., Husein, M. W., Fitri, A. R., Astutik, & Yulianti, E. (2024). Pendampingan Belajar Pengenalan Bangun Datar melalui Gim Edukasi di SDN Binor: Learning Assistance for Introducing Shapes by Using Educational Game in Binor Elementary School. Nusantara Journal of Community Engagement and Empowerment, 1(2), 74-82. https://doi.org/10.36564/njcee.v1i2.14