Pengabdian Kepada Masyarakat Optimasi Penggunaan Email Belajar.Id Sebagai Sarana Cloud Education di SMP Negeri 1 Dringu

Community Service Optimizing the Use of Email Belajar as a Cloud Education Facility at SMP Negeri 1 Dringu

Authors

  • Fathorazi Nur Fajri Universitas Nurul Jadid Author
  • Yulius Supriadi Universitas Nurul Jadid Author
  • Ahmad Dani Universitas Nurul Jadid Author
  • Moh Agung Zulkanain Universitas Nurul Jadid Author
  • Fabio Kafila Universitas Nurul Jadid Author

DOI:

https://doi.org/10.36564/njcee.v2i1.23

Keywords:

Cloud education, Belajar.id, SMP

Abstract

pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan email Belajar.id sebagai sarana pendidikan berbasis awan di SMP Negeri 1 Dringu. Hal ini disebabkan adanya kendala dalam penerapan teknologi pendidikan di sekolah tersebut, yang menghambat proses pembelajaran. Terutama pada rendahnya pemanfaatan email Belajar.id oleh guru dan siswa, sehingga memengaruhi kualitas pendidikan di SMP Negeri 1 Dringu. Bentuk pengabdian yang dilakukan mencakup pelatihan dan pendampingan kepada guru dan siswa dalam mengoptimalkan penggunaan email Belajar.id. Solusi yang diterapkan melibatkan penyediaan panduan praktis, pelatihan interaktif  penggunaan email Belajar.id yang efektif. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemanfaatan email Belajar.id sebagai sarana cloud education di SMP Negeri 1 Dringu. Guru dan siswa lebih terampil dalam memanfaatkan platform ini untuk mengakses sumber belajar, tugas, dan berkomunikasi dalam konteks pendidikan. Hal ini berkontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran dan efisiensi dalam administrasi sekolah

Downloads

Published

2024-03-10

How to Cite

Fajri, F. N., Supriadi, Y., Dani, A., Zulkarnain, M. A., & Kafila, F. (2024). Pengabdian Kepada Masyarakat Optimasi Penggunaan Email Belajar.Id Sebagai Sarana Cloud Education di SMP Negeri 1 Dringu: Community Service Optimizing the Use of Email Belajar as a Cloud Education Facility at SMP Negeri 1 Dringu. Nusantara Journal of Community Engagement and Empowerment, 2(1), 28-34. https://doi.org/10.36564/njcee.v2i1.23