Pengembangan Iklan Animasi 3D untuk Pemasaran Global dalam Upaya Pemberdayaan UMKM Kerajinan Pengolahan Limbah Kayu Jati di UD. Akar Dewa Jati Kab. Situbondo, Dengan Pendekatan Project Based Learning

Development of 3D Animation Advertisement for Global Marketing in an Effort to Empower UMKM Teak Wood Waste Processing Crafts at UD. Akar Dewa Jati, Situbondo, With a Project Based Learning Approach

Authors

  • Moh. Zikky Author
  • Rendra Suprobo Aji PENS Author
  • Hestiasari Rante Author
  • Zakha Maisat Eka Darmawan Author
  • Ashafidz Fauzan Dianta Author
  • Dwi Susanto Author
  • Ikhsan Nur Alim Author
  • Mochamad Rafi Dimas Putra Arijatno Author
  • Fuad Zaki Nurrahman Author
  • Annete Phoebe Jovanca Ompusungu Author

DOI:

https://doi.org/10.36564/njcee.v2i2.40

Keywords:

umkm, pemasaran digital, iklan, animasi 3D

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memainkan peran signifikan dalam perekonomian Indonesia, dengan kontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan penyerapan tenaga kerja, Salah satu kendala yang dihadapi oleh UMKM di Indonesia adalah sektor pemasaran khususnya untuk pasar internasional. Di era digital saat ini perlu dikembangkan terobosan baru yang dapat meningkatkan ceruk pasar internasional. UD. Akar Dewa Jati Situbondo, merupakan UMKM yang merupakan sebuah usaha di bidang kerajinan limbah akar kayu jati yang berorientasi ekspor. Pembuatan Iklan animasi 3D berbahasa Inggris yang atraktif merupakan strategi yang bisa dikembangkan. Dalam pengabdian ini berorientasi pada peningkatan kompetensi SDM pada UD. Akar Dewa Jati Situbondo dalam pembuatan iklan Animasi 3D berbahasa inggris dengan menggunakan pendekatan PBL (Project Based Learning). Hasil dari pengabdian ini, adalah pendekatan PBL terbukti efektif dalam pembuatan konten multimedia dalam bidang pemasaran digital. Dalam pelaksanaan PBL menggunakan variabel penelitian yaitu Kreativitas, Pemecahan masalah, Kolaborasi, Pemahaman masalah. Pada masing-masing variabel yang digunakan untuk mengukur pelaksanaan pengabdian ini didapatkan nilai diatas 85, sehingga dapat disimpulkan kegiatan pelaksanaan pengabdian pembuatan Iklan 3D berbahasa Inggris dengan pendekatan PBL berjalan dengan baik.

Downloads

Published

2024-12-13

How to Cite

Zikky, M., Aji, R. S., Rante, H. ., Darmawan, Z. M. E. ., Dianta, A. F., Susanto, D., Alim, I. N. ., Arijatno, M. R. D. P. ., Nurrahman, F. Z., & Ompusungu, A. P. J. (2024). Pengembangan Iklan Animasi 3D untuk Pemasaran Global dalam Upaya Pemberdayaan UMKM Kerajinan Pengolahan Limbah Kayu Jati di UD. Akar Dewa Jati Kab. Situbondo, Dengan Pendekatan Project Based Learning: Development of 3D Animation Advertisement for Global Marketing in an Effort to Empower UMKM Teak Wood Waste Processing Crafts at UD. Akar Dewa Jati, Situbondo, With a Project Based Learning Approach. Nusantara Journal of Community Engagement and Empowerment, 2(2), 89-97. https://doi.org/10.36564/njcee.v2i2.40